Sunday 7 May 2017

Memulai Berkebun

Berkebun


Yup, sekarang ini selain melihat film, aku memulai sebuah hobi baru yaitu berkebun. Bukan besar-besaran sih, masih disekitar halaman rumah saja.  Yang menjadi fokus atau obyek berkebun saat ini adalah pohon tin. Aku sendiri belum tahu varietas pohon tin apa yang sedang kutanam, soalnya awalnya diberi oleh seorang teman, namun setelah searching sana-sini kuperkirakan varietas yang kumiliki ini adalah varietas Green Jordan (pernah makan buahnya sih warnanya hijau). Buah tin yang kumakan ketika itu tidak berbiji, maka cara temanku menggandakan tanamannya ternyata dengan cara distek (lain kali kubahas ya, sedang dipraktekkan nih).

Kenapa pohon tin sih, dan bukan yang lain…

Sebenarnya selain lagi mencoba berkebun pohon tin, aku juga lagi mencoba menumbuhkan berbagai biji yang aku temui, antara lain ada cabe, tomat, jeruk sunkist, jeruk lemon dan kelengkeng. Bijinya kudapat dari buah-buahan yang dibeli aja, pikirannya sih siapa tau kedepannya bisa punya kebun buah sendiri…hehehe…aaamiiin.

Kenapa pohon tin, karena setahuku sih jarang bisa menemui buah tin di pasar pada umumnya, ditambah lagi pohon tin disebutkan dalam kitab suci, dan juga setelah browsing sana-sini, ternyata manfaat dari pohon tin sangat banyak terutama untuk kesehatan. Perawatan pohon tin sendiri tidak susah, selain dia tahan dijemur, tahan panas dan tidak perlu terlalu sering disiram, “katanya” (masih katanya nih karena lagi dipraktekkan dan dibuktikan) pohon tin juga mudah digandakan atau dibudidayakan dengan cara vegetative yaitu cangkok dan stek.

Selain buahnya, daun pohon tin berdasarkan informasi di dunia maya juga memiliki banyak manfaat, yang kutau sih sementara ini, daun buah tin dimanfaatkan sebagai teh herbal, sayangnya belum bisa coba mempraktekkan, karena daunnya masih kehitung jari, nanti deh kalo percobaan steknya sudah berhasil aku coba praktekkan pengolahan daun pohon tin menjadi teh.

Sementara itu dulu deh sekilas pandang tentang memulai kegiatan berkebunku. Foto-fotonya nyusul yaaa…



No comments:

Post a Comment